Serba-serbi 6

Pengaturan Spasi Paragraf Latin Arab dalam Penulisan Skripsi dan Makalah

Penulisan Skripsi pada Perguruan Tinggi Agama Islam—terutama pada jurusan-jurusan yang terkait erat dengan bahasa Arab, seperti pada Jurusan Tafsir Hadis—penulisan  kosa kata Arab dalam bentuk aslinya (bukan transliterasi),  dalam hal-hal tertentu tidak bisa dihindari, bahkan merupakan satu keharusan. Bila kosa kata Arab ini ditulis pada paragraf tersendiri tidak bersamaan dengan huruf latin, maka hal ini tidak terlalu menjadi persoalan. Tetapi penulisan kota kata Arab menjadi masalah ketika dituliskan dalam paragraf huruf latin.

Pertama, Paragraf 1 ½ pada huruf latin yang memuat kosa kata Arab, dapat menjadi bertambah besar sehingga menjadi 2 ½ atau bahkan sampai 3 spasi, tergatung besaran huruf Arab yang dipakai. Tentu saja keadaan seperti ini menampakan pengabaian konsistensi dalam menulis skripsi.

Kedua, Terkadang mahasiswa mensiasati sendiri, yakni mempertahankan konsistensi besaran spasi paragraf dengan mengecilkan huruf Arabnya, sehingga tampak huruf Arab menjadi sangat kecil tidak sebanding dengan huruf latinnya.

Ketika ditanya, kenapa spasi tidak konsisten atau huruf Arab dengan latinnya tidak seimbang, mahasiswa sering menjawab dengan alasan “kesalahan komputer”. Tentu saja jawaban seperti itu sangat menggelikan, karena program ms word sudah menyediakan fasilitas untuk mengatur besaran spasi.  Untuk pengaturan paragraf yang berisi penulisan kosa kata Arab dan Latin, maka khusus pada paragraf tersebut dapat dilakukan seting sebagai berikut:

  1. Letakan kursor pada paragraf yang hendak disetting
  2. Buka menu format lalu pilih paragraph
  3. Pada tab indents and spacing pilih line spacing exactly
  4. Pada kota at, isikan angkanya sekitar 12-22 (bisa diatur sendiri), tetapi untuk 1 ½ kira-kira angka yang harus diisikan adalah 18
  5. Klik ok, paragraf akan lansung diatur. Bila belum begitu persis sama besaran spasinya, karena tergantung jugu pada jenis font Arabic yang dipakai, atur kembali pengisian angka pada kolom at.

Semoga bermanfaat!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s