Serba-serbi 1

MEMBUAT HURUF TRANSLITERASI DI MS OFFICE WORD

Ada mahasiswa yang bertanya kepada saya tentang bagaimana membuat huruf transliterasi, seperti tanda huruf mad pada dhammah dengan menggunakan huruf u yang bergaris atas (û), demikian pula pada fathah dengan huruf a yang bergaris di atas (â) dan kasrah dengan huruf I yang bergaris atas (î) dengan menggunakan Microsoft Office Work. Pertanyaan ini wajar karena memang karya tulis pada kajian keagamaan, terutama kajian kepustakaan tafsir hadis banyak menggunakan huruf transliterasi. Meskipun aturan transliterasi ini berbeda-beda, namun pada ms office work sudah disediakan dan dapat digunakan. Huruf-huruf ini terletak pada huruf-huruf simbol, tinggal kita mencari dan membuat shortkey-nya. Berikut caranya:

  1. Setelah ms work terbuka, pilih tab insert, lalu klik simbol. Pada ms work 2003, setelah mengklik simbol, kita akan langsung diantarkan pada kotak simbol. Tetapi pada ms work 2007, kita diantarkan pada beberapa simbol yang sudah tersedia.
  2. Di dalam kota simbol tersebut kita boleh memilih huruf yang sesuai dengan aturan literasi, lalu klik duakali tanpa selang atau klik satu kali diiringi dengan mengklik tanda insert, maka huruf yang diinginkan sudah berada langsung pada file kerja kita.Untuk pemakaian yang berulang tentu cara ini sangat merepotkan. Untuk itu, ms office work sudah menyediakan kemudahan untuk membuat shortkey, sehingga kita secara langsung dan cepat mendapatkan huruf tersebut. Untuk itu kita perlu membuat shortkey-nya.
  3. Buka kembali kotak simbol, lalu pilih huruf yang kita inginkan dengan mengklik satu kali saja, lalu klik tab shortcut key dan akan terbuka jendela baru yaitu customized keyboard. Dalam kotak tersebut, ms office work sudah menyediakan shortkey untuk huruf tersebut, tetapi agak panjang. Kita bisa merubah sesuai dengan keinginan kita dengan tombol yang lebih pendek, misalnya tombol Alt+huruf a atau i atau u. Tetapi kita harus merubah terlebih dahulu shortkey yang sudah ada. Untuk itu pada kota tersebut klik  shortkey yang berada pada kotak current key, lalu klik tab remove. Ganti dengan tombol yang kita inginkan pada kota press new shortkey, kemudian klik tab assign. Tombol cepat sudah dapat dioperasikan.

==Semoga Bermanfaat==

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s