Buku 2

MEMAHAMI KARAKTERISTIK HADIS NABI

(Sebuah Kerangka Dasar Fiqh al-Hadits)

 Penulis:  Maizuddin M. Nur

Penerbit: Ushuluddin Publishing, Fakultas Ushuluddin UIN Ar-Raniry

Tahun Terbit: November 2013

buku blog 2Hadis menyimpan sejumlah karakteristik tersendiri, baik dari proses kemunculannya, keadaan redaksi, bahasa, maupun otoritasnya. Sejumlah karakterisik ini terkadang menjadi problem ketika memahaminya (fiqh al-hadĩts). Karena itu, ia menjadi penting dikaji dan dipertimbangkan untuk maksud tersebut. Pengabaian atas karakteristik hadis ini dapat mendorong orang pada keterkungkungan makna tekstual yang parsial yang berujung pada benturan dengan kehendak Nabi lainnya atau semangat ajaran Alquran.  Atau juga pada sisi lain, akan mencuatkan sikap tergesa-gesa dalam menolak hadis, karena dipandang tidak lagi komunikatif dengan zaman.

Pemahaman terhadap berbagai karakteristik hadis dalam tataran matan  sesungguhnya merupakan kerangka dasar memahami hadis Nabi (fiqh al-hadĩts). Fiqh al-hadĩts merupakan muara dari kajian-kajian hadis, karena kajian-kajian hadis pada tataran validitas dan otoritasnya tak berarti sama sekali bila tidak dipahami kandungannya dan diterapkan dalam kehidupan_

Buku ini penting bagi mahasiswa, terutama yang tergabung dalam Prodi Ilmu Hadis. Buku ini juga diramu dari bahan-bahan perkuliahan yang pernah disajikan dalam mata kuliah fiqh al-Hadis. Hanya sekedar berbagi, mudah-mudahan bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s